Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Memilih Kaca Film Mobil Berdasarkan Radiasi UV

Aditya Maulana - Selasa, 24 Januari 2017 | 15:45 WIB
Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.
theclippingpoint
Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.

Jakarta, Otomania - Ketika ingin memasang kaca film pada mobil, selain tingkat kegelapan, Anda akan ditanya mengenai ukuran radiasi ultraviolet (UV). Sebab, berpengaruh pada keluar-masuk sinar matahari ke kabin.

Nah, kebanyakan dari pemilik mobil tidak tahu berapa ukuran radiasi UV yang bagus. Kali ini, Otomania akan membahas mengenai gelombang UV secara umum.

Menurut penjelasan Agus Setiadi pemilik Griya Auto Film di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, jika dilihat dari panjang gelombang, terbagi menjadi tiga. Pertama UV A dengan gelombang panjang 380 nano meter (NM), UV B 280 nm, dan UV C 100 nm.

"Teknologi kaca film sekarang ternyata hanya mampu menahan UV C saja, sedangkan UV A dan B belum terlindungi," ujar Agus saat dihubungi Otomania, akhir pekan lalu.

Agus menyarankan, sebaiknya membeli sesuai dengan kebutuhan. Tetapi biasanya konsumen ingin yang terbaik buat mobil dan juga dirinya sendiri.

"Ada salah satu merek yang menawarkan kaca film dengan UV 400, dimana mampu menolak radiasi gelombang matahari atau ultraungu sampai 400 nm. Kalau secara umum, hanya menolak UV 99 hingga 100 persen saja," kata Agus.

Jadi, buat Anda yang ingin memasang kaca film mobil, sebaiknya bertanya dan mencari informasi agar tidak salah pilih.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa