Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Teknologi VVA R15, NMAX, dan Aerox 155

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 24 Januari 2017 | 17:05 WIB
Yamaha ternyata belum produksi massal R15 terbaru, hanya memperkenalkan bersamaan dengan kedatangan Maverick Vinales dan Valentino Rossi ke Indonesia.
Donny A/KompasOtomotif
Yamaha ternyata belum produksi massal R15 terbaru, hanya memperkenalkan bersamaan dengan kedatangan Maverick Vinales dan Valentino Rossi ke Indonesia.

Jakarta, Otomania — All New Yamaha R15 terbaru diperkenalkan dengan tambahan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini terlebih dulu diperkenalkan pada model skutik NMAX dan Aerox 155VVA.

Lantas apa perbedaannya dengan yang digunakan R15 terbaru ini? Menurut Service Departemen-Aftersales Division Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin, perbedaannya pada putaran mesin saat bekerja.

“Di NMAX, VVA baru bekerja di putaran 6.000 rpm. Kalau R15 ini di 7.400 rpm baru aktif. Jadi di putaran bawah ada tenaga, memasuki putaran atas juga bertenaga,” ucap Ridwan di sesi penjelasan teknologi R15, di Sirkuit Sentul, Senin (23/1/2017).

Panel meter baru Yamaha R15.
Donny A/KompasOtomotif
Panel meter baru Yamaha R15.

VVA sendiri, dijelaskan secara sederhana, bekerja dengan menyuplai lebih banyak bahan bakar ketika putaran mesin cukup tinggi. Ini dapat dilakukan dengan pengaturan kerja selenoid yang mendeteksi putaran mesin tinggi. Setelah diperintah ECU, sistem mengaktifkan bagian mesin agar membuka asupan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran.

“Jadi ada durasi intake yang rendah (low intake) dan tinggi (high intake) yang bekerja sesuai bacaan ECU ke mesin. Ini menyebabkan lift valve berubah, dan motor mendapatkan tenaga di putaran atas,” ucap Ridwan.

Mesin baru R15 ini memiliki kubikasi 155,1 cc dan mampu menghasilkan tenaga 19,1 tk di putaran 10.000 rpm dan torsi 14,7 pada putaran 8.500 rpm.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa