Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New R15 Pakai Mesin SOHC, Ini Alasan Yamaha

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 24 Januari 2017 | 13:42 WIB
Lengan ayun aluminium, sok depan up-side down, lampu LED jadi ubahan utama pada R15.
Donny A/KompasOtomotif
Lengan ayun aluminium, sok depan up-side down, lampu LED jadi ubahan utama pada R15.

Jakarta, Otomania – Yamaha R15 terbaru telah diperkenalkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Senin (23/1/2017). Salah satu perubahan yang menarik adalah penggunaan mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) pada motor sport bermesin 155 cc ini.

Apa alasan Yamaha mempercayakan mesin SOHC, sedangkan rivalnya Suzuki GSX-R 150 dan CBR150R sudah menggunakan mesin Double Over Head Camshaft (DOHC)? Menurut Presiden Direktur RnD Yamaha Motor Indonesia, Katsumitsu Wakamatsu, masing-masing teknologi memiliki kelebihannya.

“DOHC memiliki kelebihan di tenaga pada putaran mesin tinggi. Sedangkan SOHC pada putaran rendah. Di Indonesia kebutuhan tenaga di putaran tinggi sangat jarang, karena kondisi macet,” ucap Wakamatsu dalam sesi tanya jawab di tengah perkenalan R15 terbaru, Senin (23/1/2017).

Yamaha berkonsentrasi bagaimana mendapatkan tenaga pada saat putaran rendah dan berkonsentrasi dengan feel berkendara motorsport Yamaha. Pilihannya jatuh pada pemanfaatan teknologi VVA.

Akibatnya mesin R15 terbaru ini mampu menghasilkan tenaga 19,1 tk pada putaran 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm. Teknologi VVA membantu memberikan tenaga saat mesin di putaran atas.

“Ini yang membedakan Yamaha dengan produk kompetitor lain. Kami mendesain kombinasi keduanya akan menjadi total balance yang baik untuk digunakan di Indonesia,” ucap Dyonisius Beti, Executive Vice President, PT YIMM diwaktu yang sama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa