Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suspensi "Upside Down" di Yamaha R15 Terbaru

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 25 Januari 2017 | 08:05 WIB
Yamaha R15 terbaru, ditargetkan terjual minimal 7.500 unit per bulan.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Yamaha R15 terbaru, ditargetkan terjual minimal 7.500 unit per bulan.

Jakarta, Otomania – Yamaha R15 hadir dengan beberapa ubahan yang membuat tampilannya semakin agresif. Salah satunya adalah kehadiran suspensi upside down (USD) ala motor sport mesin besar dan juga seperti Xabre.

Menurut Ferry, teknisi dari Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), penggunaan USD merupakan hasil pengembangan Yamaha agar R15 tampil dengan karakter motorsuper sport.

“Alasannya penggunaan USD tentu mencapai keinginan agar penampilan lebih sporty dibanding model lama. Ukuran USD ini sama dengan punya Xabre, hanya volume olinya yang berbeda,” ucap Ferry saat ditemui di Sirkuit Sentul, Senin (23/1/2017).

Berbagai ubahan yang hadir di R15 ini membuat Yamaha berpikir ulang untuk membuat distribusi berat menjadi 50:50. Penggunaan USD ini juga berupaya ke arah keseimbangan tersebut dimana USD biasanya lebih berat ketimbang suspensi konvensional.

“Pakai USD jadi lebih berat. Ini karena untuk menyeimbangan berat depan dan belakang agar semakin baik dalam pengendalian dan kestabilan,” ucap Ferry.

Penilaian lain juga dilakukan dari kinerja USD. Suspensi ini memiliki peredaman yang lebih rigid, ini diperlukan oleh motor sport untuk menghasilkan pengedalian maksimal namun juga tetap nyaman.

“USD bagian dalamnya punya piston dimana geraknya lebih panjang dibanding standar. Selain itu stroke lebih panjang otomatis damper-nya berbeda. Bagian outer ada di atas, inner di bawah, otomatis lebih kaku namun tigkat peredamannya lebih stabil,” ucap Ferry.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa