Sebab "Bearing" Roda Sepeda Motor Bermasalah

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 4 Januari 2017 | 13:43 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik sepeda motor, suatu ketika merasa terasa oleng saat berkendara. Ketika dilakukan pengecekan, kondisi ban tidak kempis dan baut-baut roda sudah terpasang di tempatnya dengan kencang.

“Indikasi ini bisa jadi ada masalah di bagian bearing roda atau (laher). Ada beberapa penyebab komponen ini bisa rusak,” ucap Agus dari bengkel Dairy Motor, Pondok Bambu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Pertama, pengendara sering melewati jalan yang rusak. Bisa juga ketika melewati lubang atau jalan yang tidak mulus dilakukan dengan sembrono sehingga bagian bearing ini rusak terkena hantaman.

Kedua bagian karet di tengah bearing sudah termakan usia atau rusak. Karet ini melindungi komponen itu dari air dan kotoran, ketika rusak maka seiring waktu bearing menjadi berkarat, kotor dan akhirnya rusak.

“Penyebab ketiga adalah pernah dibongkar pasang kemudian salah dalam pemasangan. Biasanya saat memodifikasi bagian pelek diganti ukurannya lebih besar, pemasangannya kembali tidak pas. Lambat laun merusak bagian ini,” ucap Agus.

Solusi untuk masalah ini pemilik motor cukup mengganti dengan komponen baru. Biaya yang disiapkan mulai Rp 35.000 sampai Rp 75.000.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X