Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ciri-ciri Mobil Perlu "Spooring-Balancing"

Aditya Maulana - Selasa, 3 Januari 2017 | 07:05 WIB

Jakarta, Otomania - Salah satu fungsi dari servis berkala, yaitu menjaga kondisi mobil tetap prima. Namun, selain itu ada banyak hal yang tidak boleh dilupakan oleh sang pemilik, salah satunya spooring dan balancing.

Spooring itu sendiri merupakan proses untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Biasanya dua ban depan yang akan diluruskan dan diatur.

Sedangkan balancing, menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang. Lantas, apa ciri-cirinya mobil yang harus di spooring dan balancing?

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, paling utama ketika selesai mengganti ban atau melakukan rotasi.

Baca: Jangan Asal Rotasi Ban, Ini Aturannya

"Agar semuanya tetap dalam kondisi seperti awal lagi dan laju mobil menjadi sempurna," kata Anjar saat dihubungi Otomania, Senin (2/1/2017).

Selain itu, kata Anjar jika handling dan kestabilan dirasa sudah tidak nyaman, maka itu juga tanda kalau Anda harus melakukan dua langkah tersebut.

"Karena utamanya untuk menjaga keamanan dan handling dari mobil itu sendiri ketika berjalan," ucap Anjar.

Cara mengujinya cukup mudah, ketika berada di jalanan lurus tanpa hambatan seperti tol, coba lepas kemudi di kecepatan rendah 40-50 kpj. Bila mobil tidak bergerak lurus, atau kemudi berbelok sendiri ke kiri atau kanan, berarti ada tanda tidak seimbang. Tapi perlu diingat, pengujian ini harus dilakukan dalam kondisi yang benar-benar aman, dan tidak dengan kecepatan tinggi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa