Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Ini Bila Ingin Rotasi Ban Mobil

Setyo Adi Nugroho - Senin, 24 Oktober 2016 | 13:05 WIB

 Jakarta, Otomania – Ban adalah perangkat penting dalam kendaraan bermotor termasuk roda empat. Bagi pemilik kendaraan diwajibkan untuk memeriksa secara berkala kondisi ban sebelum menggunakan kendaraan.

Salah satu kondisi ban yang perlu perhatian adalah permukaan yang sudah nampak botak. Biasanya lebih cepat terjadi pada ban depan. Ini perlu penggantian ban baru atau melakukan rotasi untuk menjaga keawetan ban serta membuat pengikisan ban lebih merata.

“Ban depan biasanya paling cepat terkikis atau gundul. Biasanya solusi agar ban tidak cepat gundul adalah dengan merotasi ban, dari yang depan ke belakang atau sebaliknya. Namun jika sudah terlalu gundul baiknya ganti baru,” ucap Putu Yudha, Marketing Director PT Michelin Indonesia kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Biasanya pemilik kendaraan minimal mengganti dua ban yang terdapat di depan. Alasannya faktor ekonomis serta ban yang masih bagus masih bisa digunakan.

Penggantian ban baru ini kebanyakan dipakai untuk ban depan. Langkah ini justru tidak tepat. Penggunaan ban baru di depan justru memperbesar kemungkinan kendaraan tidak stabil.

“Penggantian ban ada kebiasaan yang kurang tepat. Sebaiknya ban baru dipasangkan di bagian belakang. Ban yang masih cukup baik dipindah ke depan. Ini berlaku untuk mobil berpenggerak roda depan maupun belakang,” ucap Putu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa