Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap, Polisi Bakal Makin Sering Menilang di Jalan

Aditya Maulana - Sabtu, 17 Desember 2016 | 09:42 WIB

Jakarta, Otomania - Skema tilang online, selain mempermudah masyarakat, juga membuat kerja polisi menjadi lebih cepat. Sebab, semuanya prosedur sudah diatur oleh sistem, hingga ke proses pembayaran.

Wakil Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Wakakorlantas) Brigjen Pol Indrajit menuturkan, secara tahap awal E-Tilang dilakukan di kota-kota besar. Namun, akan dengan cepat menyebar hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

"Kini prosesnya menjadi lebih mudah, jadi polisi akan lebih banyak melakukan tilang," ucap Indrajit di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (16/12/2016).

Menurut Indrajit, skema tersebut dibuat untuk menegakkan hukum. Faktor lainnya, buat mencegah pengguna kendaraan mengalami kecelakaan.

"Sebab, semua kecelakaan ini dimulai dari melanggar. Jadi kami di sini mengingatkan agar jangan melanggar," kata dia.

Nantinya, pengguna kendaraan yang kena tilang akan tetap diberikan pilihan, yaitu ingin slip biru atau merah. Bedanya, merah harus datang ke pengadilan.

"Yang manual tetap kita adakan, kalau yang slip biru bayar di tempat melalui proses online tersebut. Tilang manual masih diberlakukan karena, ada orang mungkin yang sedang tidak punya uang, atau gaptek," ujar Indrajit.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa