Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Estimasi Penerapan Sistem Tilang "Online"

Aditya Maulana - Selasa, 29 November 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Bersamaan dengan Operasi Zebra Jaya 2016 yang berlangsung hingga 29 November, polisi mulai melakukan sosialisasi tilang online. Aplikasinya, yaitu e-Tilang sedang dikembangkan dan sebentar lagi siap diterapkan.

Menurut Kepala Subdit Pembinaan dan Penegak Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto, mengenai penerapan akan diputuskan oleh Korlantas Polri. Informasi terbaru akan dimulai pertengahan Desember 2016 atau awal 2017.

"Kalau tidak ada perubahan, tetapi paling lama sesuai dengan yang dikatakan sebelumnya, yaitu Januari 2017," ucap Budiyanto saat dihubungi Otomania, Senin (28/11/2016).

Baca: Berikut Kelebihan Sistem Tilang "Online"

Sekarang ini, lanjut Budiyanto, proses sosialisasinya berjalan lancar. Bahkan, masyarakat sudah mulai tahu kalau nantinya proses tilang online alurnya seperti itu.

"Sampai benar-benar diterapkan, kita akan terus melakukan sosialisasi. Harapan kami, bisa segera diterapkan, dan secara internal petugas kami sudah siap," kata Budiyanto.

Selain lebih praktis, program tersebut juga bisa mencegah petugas melakukan praktik pungli di tempat tilang. Sebab, pelanggar tidak bisa memnbayar denda ke petugas, karena harus ke bank yang ditunjuk pihak polisi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa