Mau Liburan, Jangan Tunda Cek Ban Cadangan

Stanly Ravel - Jumat, 9 Desember 2016 | 11:05 WIB

Jakarta, Otomania - Bagi yang akan menikmati libur panjang Natal dan tahun baru menggunakan mobil, ada baiknya melakukan persiapan dari jauh hari. Selain perawatan berkala, ada komponen lain yang wajib menjadi perhatian.

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, menjelaskan bahwa ban cadangan sering sekali dilupakan oleh pemilik mobil, padahal perannya sangat penting.

"Biasanya orang fokus pada servis berkala, untuk ban juga hanya yang dipakai saja tapi lupa dengan ban cadangan. Nah, sebelum jalan pastikan kondisi ban cadangan tetap baik dan siap digunakan dalam keadaan darurat," ucap Iwan saat dihubungi Otomania, Kamis (8/12/2016)

Menurut Iwan, pemeriksaan ban cadang baiknya dilakukan jauh sebelum keberangkatan. Sehingga bila kondisinya sudah buruk bisa ditangani dengan jangka waktu yang lebih panjang.

"Paling sering orang lupa membetulkan ban cadangan yang bocor. Dengan pengecekan lebih awal pemilik bisa leluasa melakukan persiapan. Saat menyimpan ban cadangan pastikan tekanan udaranya dilebihkan agar tidak cepat menyusut karena terlalu lama disimpan," kata Iwan.

Selain ban cadangan, Iwan juga mengingatkan untuk mengontrol sistem pengereman, mulai dari kampas rem sampai kondisi minyaknya. Terutama untuk mobil matik yang benar-benar mengandalkan rem untuk menghentikan laju kendaraan.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa