Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Langkah Darurat Hadapi Kondisi Rem Blong

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 6 Desember 2016 | 17:24 WIB

Jakarta, Otomania – Kasus rem blong atau kegagalan fungsi rem bisa terjadi pada pengemudi kendaraan roda empat atau roda dua. Bagi pengemudi jika salah mengantisipasi kondisi darurat ini akhirnya dapat membahayakan keselamatan diri dan orang lain di sekitarnya.

Guna mengatasi rem blong ini, Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia atau yang dikenal dengan NTMC Polri memberika tips yang harus dilakukan oleh pengemudi.

Langkah pertama saat rem tidak berfungsi adalah menurunkan gigi kendaraan secepat mungkin. Turunkan gigi kendaraan bertahap dari posisi tinggi ke rendah.

Jangan lupa untuk menurunkan kecepatan, gunakan rem parkir setelah menurunkan gigi transmisi. Saat kecepatan rendah rem parkir dapat menghentikan laju kendaraan hingga benar-benar berhenti.

Selain itu, apabila kendaraan berada di jalur cepat, arahkan perlahan ke jalur lambat atau bahu jalan. Ini dilakukan untuk mencari tempat berhenti yang benar-benar aman dari pengguna jalan lain yang berkecepatan tinggi. Manfaatkan kaca spion untuk berpindah jalur dan lakukan perlahan.

Saat rem tidak berfungsi, jauhkan kaki dari pedal gas. Tujuannya agar mobil tidak berakselerasi dan menurunkan kecepatan.

Langkah berikutnya, dalam kondisi serba darurat tersebut, cek apakah ada benda yang mengganjal atau menghalangi pedal rem. 

Langkah lain, injak dan kocok pedal rem berkali-kali. Ini dilakukan untuk perangkat pengereman tanpa fitur ABS. Coba injak pedal rem berkali-kali Karena kemungkinan rem blong hanya sementara.

Saat darurat tanpa rem, beri tanda kepada pengendara lain bahwa kendaraan Anda sedang dalam situasi darurat. Pergunakan lampu hazard atau beri tanda dengan mengeluarkan seutas kain dari jendela dan lambaikan. Bunyi klakson juga dapat digunakan.

Bila terpaksa menghentikan kendaraan dengan menabrakkan mobil, tabrakkan ke sesuatu yang lunak dan aman. Misalnya pagar kayu, tanah, pasir atau hal lainnya. Carilah benda yang terlihat dapat menyerap benturan.

Saat rem blong, usahakan untuk tetap tenang. Percaya pada diri sendiri bahwa Anda dapat melakukan langkah-langkah di atas satu per satu. Jangan panik Karena akan berakibat fatal.

Setelah kendaraan berhenti, segera meminta bantuan pada orang lain atau bengkel terdekat.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa