Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Dua Arti Saat Indikator Diesel Menyala

Stanly Ravel - Kamis, 8 Desember 2016 | 15:59 WIB

Jakarta, Otomania - Berbeda dengan mobil bermesin bensin, mobil diesel punya perawatan khusus soal filter bahan bakar. Karena itu, untuk mengingatkan pemilik umumnya pada mobil diesel ada indikator filter solar pada panel instrumen, seperti pada Toyota Innova mesin diesel.

Secara fungsi, indikator tidak akan bekerja bila kondisi normal, tapi kalau ada masalah, seperti kadar air yang sudah penuh atau sudah banyak kotoran baru akan menyala.

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor Iwan Abdurahman, menjelaskan, bahwa fungsi indikator filter solar memiliki dua model peringatan yang wajib jadi perhatian pemilik mobil.

"Harus dibedakan saat menyala, karena ada dua model yang punya arti beda. Bila berkedip berarti air di filter sudah penuh dan waktunya dikuras, kalau menyala terus artinya sudah banyak kotoran dari endapan bahan bakar," ucap Iwan saat dihubungi Otomania, Kamis (8/12/2016).


Menurutnya, filter sedimenter pada mesin diesel modern memiliki dua fungsi, yakni memisahkan air dari bahan bakar dan juga kotoran dari endapan. Namun begitu ia menyarankan pemilik mobil tidak perlu langsung panik, karena fungsi indikator hanya sebagai pengingat.

"Tidak perlu panik, saat menyala itu kan hanya peringatan untuk pengendara tidak sampai seketika mesin langsung mati. Paling tidak mobil masih aman dibawa jalan hingga jarak 100 km, tapi baiknya jangan ditunda-tunda untuk mengecek atau bawa ke bengkel terdekat terutama bagi yang sudah menyala terus," kata Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa