Langkah Mudah Buang Air di Filter Solar

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 16 November 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania – Kasus bahan bakar solar yang bercampur air bisa jadi momen untuk pemilik kendaraan diesel, memperhatikan kondisi filter bahan bakar. Soal kandungan air, pemilik tidak perlu panik karena pada filter bahan bakar disediakan saluran sedimen untuk menampung air.

“Tandanya indikator di panel instrumen berkedip. Ini tandanya kandungan air di filter tinggi. Bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi keadaan ini,” ucap Dadi Hendriadi, GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Langkah pertama, buka kap mesin dan temukan filter bahan bakar. Pada Kijang Innova biasanya terletak di belakang aki, berbentuk seperti pompa dengan kabel konektor. Jangan lupa lakukan kegiatan ini dalam keadaan mesin mati.

Setelah menemukan filter tersebut, cari baut plastik berwarna putih di bagian bawah filter. Buka baut tersebut, kendurkan namun jangan sampai terlepas, dan buang air yang terdapat di dalam filter.

Kemudian untuk memastikan semua air sudah terbuang dari filter, pompa dengan menggunakan tangan di bagian atas perangkat filter. Tekan beberapa kali sampai yang keluar dari lubang filter adalah solar murni. Setelah selesai jangan lupa kencangkan baut plastik yang semula dibuka.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X