Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Sederhana Nilai Kondisi Mobil Bekas Mesin Diesel

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 1 November 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi calon konsumen yang ingin mencari kendaraan dengan mesin diesel, pasar mobil bekas bisa jadi tujuan alternatif. Pasar mobil bekas menyediakan berbagai macam model mobil mesin diesel tentunya dengan beragam kondisi dan harga.

Seperti pemilihan kendaraan bekas lainnya, ada cara cukup sederhana bagi calon konsumen memberikan penilaian sebelum memutuskan membeli mobil diesel

“Ada cara mudah untuk menilai mesin diesel kondisinya masih baik atau bermasalah. Lihat dari tutup oli mesin saat mesin sedang langsam, apakah mengeluarkan asap atau tidak,” ucap Ronny dari DS Motor MGK Kemayoran saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Prosesnya, nyalakan mobil diesel tersebut seperti langkah memanaskan mesin. Lalu setelah 10 menit dihidupkan, lihat tutup oli apakah mengeluarkan asap atau tidak. Jika mengeluarkan asap putih itu tanda mesin rusak.

“Biasanya tiga bulan berselang akan turun mesin. Ini untuk mencegah konsumen mengeluarkan biaya ekstra padahal mobil baru dibeli beberapa waktu lalu,” ucap Ronny.

Tambahan, untuk mesin bensin juga bisa dilakukan pemeriksaan kondisi secara mudah. Cek bagian knalpot mobil apakah ada bekas oli di bagian dalam lubang knalpot.

“Kalau ada artinya akan turun mesin. Dijamin. Kondisinya sudah parah bila seperti itu. Pintar-pintar memilih kendaraan bekas, bila kesulitan bawa orang yang lebih paham dan dipercaya untuk ikut memberi penilaian,” ucap Ronny.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa