Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Punya Kunci Immobilizer, Wajib Bikin Cadangannya

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 7 Desember 2016 | 08:35 WIB


Jakarta, Otomania – Fitur keamanan kendaraan dengan kunci immobilizer saat ini semakin banyak ditemui. Tidak hanya pada kendaraan di kelas premium saat ini immobilizer juga ditemui di kendaraan entry level.

Immobilizer disebut keamanan canggih karena fitur ini menggunakan chip berkode khusus pada anak kuncinya. Mesin dapat menyala dengan syarat kode dari anak kunci sama dengan kode yang terdapat pada ECU kendaraan.

Lantas bagi pemilik mobil dengan immobilizer, ada langkah yang perlu dilakukan saat pertama mendapatkan kunci immobilizer.

“Disarankan untuk membuat kunci tambahan selama masih memiliki kunci asli. Ini untuk berjaga-jaga suatu saat kunci hilang,” ucap Dadi Hendradi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM), saat dihubungi Otomania, Selasa (6/12/2016).

Menurut Dadi, ini disarankan bagi pemilik kendaraan agar ia memiliki cadangan kunci di rumah. Saat kunci hilang tidak kebingungan mencari kunci yang dapat menyalakan mesin.

Raymond Lie dari Komandan Key, ahli kunci yang biasa menangani mobil dengan fitur immobilizer juga menyarankan hal yang sama.

“Sarannya, jika pabrikan memberikan dua kunci, buat kunci ketiga. Biasanya master key satu, cadangan satu. Pakai yang cadangannya buat harian dan buat satu kunci lagi dengan meng-copy data dari master key untuk jaga-jaga,” ucap Raymond di kesempatan berbeda.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa