Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-hati Servis "Immobilizer" di Luar Bengkel Resmi

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 7 Desember 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania — Kendaraan dengan fitur kunci immobilizer makin banyak ditemui saat ini. Menggunakan teknologi canggih berupa chip berkode khusus pada anak kunci, mesin kendaraan hanya dapat dinyalakan jika menerima kode yang sama.

Meski terbilang canggih, kunci dengan teknologi immobilizer nyatanya sudah dapat diduplikasi di luar bengkel resmi. Tidak hanya duplikasi kode, tetapi juga dapat memprogram ulang kode bawaan pabrikan dengan kode enkripsi baru.

Menurut Dadi Hendradi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM), memercayakan fitur canggih immobilizer di luar bengkel resmi mengandung banyak risiko.

“Mereka menggunakan alat-alat yang bukan standar. Hasilnya tidak bisa dijamin juga,” ucap Dadi saat dihubungi Otomania, Rabu (7/12/2016).

Fitur immobilizer memiliki kode khusus yang berbeda di tiap anak kunci untuk masing-masing model. Kode ini dijamin kerahasiaannya di bengkel resmi. Dari faktor keamanan lebih tepercaya.

Menurut Dadi, semakin banyak jasa yang mengaku dapat membuat duplikasi immobilizer, maka akan menimbulkan kekhawatiran baru, terutama untuk tujuan yang kurang baik, seperti pencurian.

“Disarankan agar berhati-hati untuk meminjamkan kunci kendaraannya. Khawatir jasa di luar bengkel resmi digunakan untuk tujuan yang kurang baik,” ucap Dadi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa