Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-hati, Kunci Immobilizer Juga Bisa Rusak

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 6 Desember 2016 | 08:35 WIB

 

Jakarta, Otomania – Pengaman mobil saat ini bukan hanya alarm. Fitur immobilizer saat ini semakin jamak ditemui di produk mobil Tanah Air, tidak hanya di kelas premium namun sudah digunakan di mobil reguler.

Fitur immobilizer sendiri merupakan teknologi pengamanan dimana untuk menyalakan mesin, pemilik harus memasukkan kunci yang memiliki kode yang sama dengan transponder pada kendaraan. Bila memasukkan kunci yang tidak memiliki kode ini, mesin kendaraan tidak akan menyala.

Lantas dapatkah teknologi ini rusak?

“Kunci immobilizer itu tidak ada umur pakai. Teknologi ini termasuk dalam keamanan pasif seperti yang ditemui di RFID dan kartu akses masuk parkir,” ucap Raymond Lie, dari Komandan Key, ahli pembuat kunci di Bursa Otomotis Sunter, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Permasalahan muncul saat pemilik tidak memahami bahwa mobil mereka memiliki fitur immobilizer. Misalnya mereka pergi ke ahli duplikasi kunci, mereka hanya menduplikasi batangan kunci saja tanpa kode di dalamnya.

Masalah lain yang ditemui adalah kerusakan pada case atau wadah kunci. Biasanya pecah karena disimpan di kantung belakang atau karena umur, wadah kunci yang terbuat dari plastik tersebut harus diganti.

“Pada saat ganti, mereka datang ke pembuat kunci, tidak paham bahwa ada chip yang ditanam di dalam case tersebut. Tidak diikutkan waktu dipindah, pas dipakai mobil tidak bisa hidup,” ucap Raymond.

Raymond memberi contoh kunci Toyota Fortuner. Dalam badan kunci selain batang kunci juga ada chip untuk immobilizer. Biasanya chip ini ditanam dalam case kunci yang bisa saja pecah apabila tidak sengaja jatuh, terinjak atau diduduki.

“Sarannya jaga kunci tersebut. Jangan diduduki, atau terinjak sehingga pecah. Kalau dari chipnya sendiri tidak ada baterai, jadi umurnya panjang,” ucap Raymond.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa