Cara Cegah Tikus Hadir di Mobil

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 2 Desember 2016 | 18:21 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik mobil, salah satu masalah yang menimpa adalah kehadiran tikus. Hewan pengerat ini kerap menimbulkan masalah bila menjadikan mobil tempat tinggal mereka karena kerap menggerogoti kabel kelistrikan di kendaraan.

Untuk mencegah tikus hadir di mobil kesayangan, ternyata yang perlu diperhatikan pemilik adalah kondisi tempat kendaraan sering diam atau parkir untuk waktu yang lama.

“Masalah ini mulanya berasal dari kebiasaan pemilik yang tidak memperhatikan sekeliling tempat mobil diam. Kadang ada yang suka parkir di pinggir kali atau tumpukan sampah tempat tikus banyak bersarang,” ucap Viki dari Detailer Garage MGK saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Untuk itu guna menghindari kehadiran tikus di dalam mobil ada baiknya pemilik memperhatikan kondisi sekitar mobil. Jika mobil lama berada di dalam garasi dan ada tikus berarti kondisi sekitar garasi perlu di bersihkan.

Selain itu pemilik tidak lupa memeriksa kondisi kebersihan dalam dan luar mobil. Tikus menyukai tempat gelap seperti area mesin sambil membawa makanan yang ditemukan. 

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kapur barus atau wewangian di sekitar tempat tikus suka berdiam diri seperti ruang mesin dan kolong spakbor. Ini mampu mencegah tikus datang ke dalam mobil.

“Intinya lebih mengeluarkan usaha untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan dan juga kendaraan. Usahakan jangan ada sisa-sisa makanan di dalam kabin atau diluar kendaraan karena berpotensi mengundang tikus,” ucap Viki.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa