Sentuhan Tak Lazim Honda Supra Fit

Stanly Ravel - Jumat, 2 Desember 2016 | 12:05 WIB

Jakarta, Otomania - Beda dengan konsep modifikasi sepeda motor bebek pada umumnya, Honda Supra Fit lansiran 2007 garapan Afto Motor asal Riau ini benar-benar out of the box. Mengusung konsep boardtracker, Afto berhasil menampilkan karya kustom yang tidak lazim dari sebuah motor bebek.

Pertama melihat, tidak ada yang menyangka bahwa ini adalah Supra Fit. Apalagi dengan tampilan blok silinder yang diubah dari aslinya horizonal menjadi vertikal, alias tegak layaknya motor batangan.

Tidak mudah untuk mengubah posisi silinder, karena bisa dipastikan membuat semua komponen juga ikut berubah. Dari data modifikasi, pengerjaan ini memang yang cukup memakan waktu.

Dudukan silinder terpaksa dibuat baru, sedangkan lubang standarnya ditambal dengan cara dicor ulang. Belum selesai sampai situ, untuk membuat mesin bisa menghadap ke atas, Afto wajib membuat lubang baru di bagian atas krengkes untuk jalur setang piston bekerja, termasuk empat lubang baut penyangga blok serta jalur oli.

Uniknya, untuk komponen seperti kruk as, piston tidak ada yang diutak-atik, alis masih standar. Agar tampilannya terlihat rapi, maka beberapa sektor sengaja di poles dan dilapis dengan krom.


Selesai urusan mesin, giliran merapihkan sektor rangka. Sama seperti builder lain, rangka kustom dibuat menggunakan pipa seamless berdimensi 3/4 inci yang pengerjaanya dilakukan secara manual.

Jangan harap ada sok pada bagian belakang, karena memang konsep boardtracker lebih mengandalkan sasis rigid. Sedangkan di bagian depan diletakan per springer yang berpadu dengan stang unik, lengkap dengan model tangki yang menggantung di sasis tengah. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa