Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Sederhana Jaga "Napas" Mobil

Stanly Ravel - Jumat, 2 Desember 2016 | 18:01 WIB

Jakarta, Otomania - Sama seperti sepeda motor, mobil juga memuliki filter udara yang berguna menyaring debu dan kotoran. Fungsi penyaringan sendiri berguna agar udara dari luar yang akan digunakan untuk proses pembakaran bisa benar-benar bersih.

Efek dari kotornya filter udara bisa sangat merugikan pengguna mobil. Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, menjelaskan penyumbatan dari filter yang kotor bisa berpengaruh pada performa mobil.

"Kalau tersumbat otomatis asupan udara berkurang, efeknya bisa macam-macam. Mulai dari performa yang tidak maksimal sampai bahan bakar yang menjadi lebih boros akibat tenaga yang tidak imbang," kata Anjar saat dihubunig Otomania, Jumat (2/12/2016).

Hukum sederhananya, bila filter bersih maka suplai udara akan lancar. Akhirnya pembakaran akan lebih sempurna. Sedangkan kondisi filter yang tidak terawat maka kebalikannya.

Anjar mengingatkan, membersihkan filter tidak harus menunggu saat melakukan servis berkala. Karena kodisi filter tidak selalu sama antar satu mobil dengan mobil yang lain.

"Standarnya memang saat servis berkala, tapi bila mobil memiliki jam terbang tinggi, terutama yang sering melintasi daerah berdebu baiknya dilakukan lebih cepat. Kalau memang sudah kotor parah, lebih baik ganti baru sekaligus," ucap Anjar.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa