Hindari Bensin buat Bersihkan Busa Filter Udara

Stanly Ravel - Kamis, 5 November 2015 | 16:32 WIB

Jakarta, Otomania - Meski filter udara pada sepeda motor bisa dibersihkan sendiri, tapi tetap ada hal yang harus diperhatikan. Khususnya untuk motor tipe lama yang masih menggunakan bahan busa untuk menangkap kotoran dan debu.

Ada perlakuan khusus dan kebiasan yang harus dihindari saat membersihkan filter berbahan busa, hal ini berguna untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan. "Filter busa memang masih mudah dibersihkan sendiri, tapi jangan pakai bensin untuk merendamnya. Ini masih banyak yang melakukannya dan salah" ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Selasa (4/11/2015).

Menurutnya, busa pada filter berfungsi untuk menyuplai udara ke ruang bakar. Komponen sebelum busa ada kawat jaring, ini berfungsi untuk melindungi busa dari api di ruang bakar agar tidak mudah terbakar. Nah, bila saat membersihkan menggunakan bensin, bukan tidak mungkin justru busa mudah terbakar.

"Kemungkinannya memang kecil, tapi kalau terjadi bisa repot karena langsung berhubung dengan saluran ruang pembakaran ," ujarnya.

Hal senada juga diucapkan Nana Rusiana, Sales Executive Primes Asia, distributor filter Ferrox beberapa waktu lalu. Dijelaskan Nana, bersihkan filter cukup memakai air dengan sedikit sabun.

"Untuk filter busa cukup dibilas saja pakai air dengan sedikt sabun, tapi saat pemasangan wajib dalam kondisi benar-benar kering. Dengan bensin selain beresiko lama-lama juga bisa merusak busanya," ungkapnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa