Jangan Sepelekan Filter AC pada Kabin

Stanly Ravel - Selasa, 27 Oktober 2015 | 11:06 WIB

Jakarta, Otomania - Air Conditioner (AC) berfungsi membuat ruang kabin mobil menjadi sejuk. Namun hal itu saja tidak cukup, karena asupan udara yang masuk juga wajib bersih dan segar, ini lah yang menjadi fungsi utama dari filter kabin, atau lebih dikenal dengan filter AC.

Filter AC terletak di saluran udara masuk sebelum blower AC berfungsi menyaring kotoran dan debu. Seiring masa penggunaannya, lama-kelamaan filter pun bisa kehilangan fungsi karena sudah menumpuk debu dan kotoran. Saat ini terjadi, maka aliran udara yang dihisap blower berkurang kualitasnya.

"Banyak yang tidak paham dan menyadari hal ini, kebanyakan orang saat menyadari hembusan AC sudah tidak kencang hanya berfikir freon habis, padahal bisa juga akibat filter AC ke kabin sudah kotor," ujap Bambang spesial AC di Tebet Dalam Raya kepada Otomania saat berbincang via ponsel, Jakarta (27/10/2013).

Menurutnya, filter kabin bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan kualitas udara tapi juga mencegah evaporator AC dari penumpukan kotoran. Karena sebelum masuk ke evaporator debu dan kotoran sudah disekat terlebih dahulu oleh filter ini.

Oleh karena itu Bambang menyarankan untuk sering mengontrol filter AC pada kabin yang biasanya terletak di bawah dasbor dengan lemari penyimpanan.

"Untuk mobil yang dipakai selalu beraktivitas minimal sebulan sekali lah. Harga filter ini juga tidak terlalu mahal, tapi sayangnya banyak orang yang tidak tau, jadi rata-rata hanya mengendalkan bengkel saja, padalah hanya dengan menganti filter saja masalah udara bisa selesai," ucap pria yang akrab disapa Botoy ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa