Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gawat, Daihatsu Sirion Pakai Mesin Sepeda Motor

Stanly Ravel - Rabu, 30 November 2016 | 08:27 WIB

Jakarta, Otomania - Sirion milik Andhi menjadi satu-satu city car Daihatsu yang digarap serius untuk keperluan balap. Tidak tanggung-tanggung, Sirion diklaim bisa bermain di banyak kategori balap sekaligus, balap touring, sprint rally aspal, dan sprint rally tanah.

Untuk mewujudkannya, Andhi tidak segan-segan mengganti mesin standar Sirion yang memiliki kapasitas 1.300 cc berdaya 90 tk, dengan mesin sepeda motor Suzuki Hayabusa, olahan Holeshot Racing Engine, Inggris. Mesin ini diklaim memiliki kapasitas yang sama, tapi soal performa jauh lebih besar.


"Mesin yang pasti sudah bore-up dan performa lebih di atas mesin standar. Dari data, shifting point tenaganya hingga 200 tk di rpm 10.500, kami juga akan tes untuk dyno nanti saat semua sudah siap," ucap Andhi kepada Otomania di Jakarta, Minggu (27/11/2016).

Menurut dia, untuk mencangkok mesin Hayabusa banyak perubahan yang dilakukan. Mulai dengan membuat pegangan baru, sampai mengubah sistem pengerak dari roda depan menjadi roda belakang. Akibat lain, posisi mesin juga ikut bergeser, tidak lagi seperti pada umumnya.

Perubahan sistem pengerak ini yang diklaim cukup merepotkan, selain butuh ketepatan saat menerapkan, kesabaran juga ikut berperan agar semua yang dikerjakan bisa berjalan dengan baik.


"Standarnya penggerak depan, kita modifikasi jadi gerak belakang dengan memasang kopel dan mengganti dummy rear axle dengan solid axle plus fitur LS (Limited Slip). Perubahan dari penggerak roda depan ke belakang merupakan modifikasi yang membutuhkan kesabaran serta perhitungan yang benar dalam menentukan berbagai geometri," papar Andhi.

Tidak hanya itu, Andhi bersama DSS Garage juga berencana untuk mengaplikasi Nitrous Oxide Systems (NOS) guna mendongkrak putaran tenaga hingga bisa menyentuh 250 tk. Selain mesin Hayabusa, gearbox juga ikut menggunakan racikan Holeshot Racing dengan sistem sequential model Dog Gear enam percepatan


Untuk saat ini, semua pemasangan sudah terealisasi dan siap untuk menuju tahap akhir, yakni penyematan engine control unit (ECU) dan melakukan dyno tes. Andhi berjanji akan memberikan hasil dari pengetesan performanya sebelum Sirion Project tersebut siap berlaga di ajang balap 2017 mendatang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa