Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Kulit Jok, Hindari Tiga Zat Ini

Stanly Ravel - Selasa, 15 November 2016 | 15:35 WIB

Jakarta, Otomania - Selain dasbor, lapisan kulit sintetis jok mobil juga penting untuk dirawat, bila mau awet dan tetap nyaman digunakan. Namun dalam prakteknya, tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Penggunaan jenis pembersih yang sifatnya instan justru bisa merusak lapisan sintetis. Budi Doli dari ACD Indoensia menjelaskan dalam memilih pembersih baiknya dilihat dulu kandungannya.

"Sebisa mungkin hindari kandungan kimia, deterjen, dan silikon. Meski mampu memberiskan dengan maksimal, tapi sifatnya keras dan bisa merusak lapisan sintetis," ujar Doli, Jumat (11/11/2016).

Untuk kandungan kimia umumnya paling banyak di pasaran. Penggunaan secara rutin bisa membuat lapisan rusak dan warna kulit pudar.

Kandungan deterjen, menurut Doli hampir sama dengan bahan kimia, efek panas deterjen akan berbahaya saat terserap ke lapisan kulit sintetis.

Sedangkan untuk bahan silikon meski bisa membuat tampilan jok mengkilap atau wet look, tapi jangka panjangnya bisa membuat bahan sintetis mudah getas. "Baiknya cari bahan yang alami, non-kimia. Memang secara harga akan lebih mahal, tapi fungsi merawatnya lebih optimal," kata Doli.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa