Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Gemuruh" Pencinta Diecast di Indonesia

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 30 Oktober 2016 | 11:22 WIB

Jakarta, Otomania — Event Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016 seolah menjadi "Lebaran" bagi para pehobi miniatur kendaraan di Tanah Air. Dibuka sejak hari Sabtu (29/10/2016) di Balai Kartini, Jakarta Pusat, IDE 2016 mengumpulkan komunitas, penjual, bahkan pemodifikasi diecast dari dalam dan luar negeri. 

“Acara ini bertujuan untuk bertukar pikiran di antara pehobi diecast. Acara tahun ini bertemakan 'JDM', hadir semakin besar dengan 84 penjual tradisional, dengan dukungan beragam sponsor. Bahkan ada Hell’s Garage, modifikator dari Jepang yang hadir langsung di IDE 2016 dan menampilkan karya mereka,” ucap Arya Lembana, Ketua IDE 2016, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Pada hari Minggu (30/10/2016) atau hari terakhir penyelenggaraan IDE 2016, beragam kegiatan dilakukan. Salah satu di antaranya dan paling ditunggu adalah lelang miniatur mobil yang didesain khusus untuk IDE 2016. Hasil lelang akan disumbangkan kepada lembaga sosial yang membutuhkan.

Selain itu, mobil miniatur yang juga ikut dilelang adalah buah karya Fatur HolzMobel yang melukis dengan tema Indonesia pada mobil berskala 1:64. Nama Fatur sebagai seniman diecast sudah diakui dunia saat Matchbox, produsen diecast Amerika, memintanya untuk berkarya di produk terbaru mereka tahun ini. Hasilnya, salah satu karyanya berhasil terjual dalam lelang hari pertama sebesar Rp 4 juta.

“Tahun ini tema dari panitia cukup sulit. Mereka ingin diecast bernuansa Indonesia. Oleh karena itu, saya hadirkan dalam tema Batak, Minang, Madura, dan Jawa dengan lukis tangan. Beruntung, semua diakui Hotwheels pusat dan diberi stiker asli, tanda bahwa modifikasi ini resmi diakui pabrikan diecast besar tersebut,” kata Fathur belum lama ini.

Bagi Anda yang ingin dan tertarik melihat dunia koleksi miniatur kendaraan, IDE 2016 bisa jadi tempat yang tepat. Selain mobil mini, terdapat juga beragam kendaraan lain, seperti pesawat terbang dan kereta api, juga ada model plastik. 

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa