Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Menikung dan Start yang Tepat di Lintasan Balap

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 29 September 2016 | 17:05 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi penggila kecepatan, berada di atas sepeda motor sudah pasti punya sensasi tersendiri. Namun baiknya dilakukan di tempat dan waktu yang tepat yakni lintasan sirkuit.

Khusus untuk balapan di sirkuit, Instruktur Safety Riding Astra Motor Makassar, Abdul Kadir beberapa waktu lalu memberikan beberapa teknik yang harus diperhatikan terutama saat start dan berbelok.

“Mengendarai motor itu ada teknik–tekniknya, jangan sampai salah, nanti malah membahayakan diri sendiri,” ucap Abdul dalam keterangan resmi yang diterima Otomaia, Rabu (28/9/2017).

Teknik start, posisi tubuh perlu mendapatkan perhatian. Posisi yang benar adalah menunduk dan membebankan berat tubuh ke depan motor dengan pinggul maju ke depan. Tujuannya agar pada saat tuas gas dibuka motor tidak melonjak.

“Sarannya, tuas gas juga jangan dibuka terlalu penuh. Pastikan seirama dengan bukaan pedal kopling,” ucap Abdul.

Teknik kedua adalah saat berbelok. Saat di sirkuit pergunakan teknik lean-in. Teknik ini dipakai di arena dengan tipe kecepatan tinggi dengan belokan tajam. Posisi tubuh harus mengendalikan penuh motor dan tidak melawan sudut kemiringan motor saat menikung. Posisi kepala harus melihat ke depan untuk mengantisipasi tikungan berikutnya.

Di arena offroad, teknik yang dipakai lean out. Teknik ini dilakukan dengan melawan kemiringan motor karena tikungan pendek, sempit dan menurun. Gambaranya, posisi badan melawan arah motor. Ini dilakukan untuk menyeimbangkan laju kecepatan motor.

“Dimanapun kita ketika berkendara itu harus tahu teknik – tekniknya, terutama ketika balap, banyak hal yang harus dipelajari tidak bisa asal – asalan,” ujar Abdul.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa