Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Jenis Peredam Knalpot

Stanly Ravel - Rabu, 28 September 2016 | 15:05 WIB

Jakarta, Otomania - Suara knalpot sepeda motor yang sudah tidak lagi sama saat baru dipasang bisa diakibakan karena glasswool yang sudah habis. Seperti diketahui, glasswool berfungsi sebagai peredam sara yang membungkus jaring sillincer knalpot.

Meski bisa mengganti, namun ada baiknya anda mengengenal jenis glasswool yang ada dipasaran. Meski secara fungsi sama, namun masing-masin memiliki kelebihan tersendiri.

"Umumnya orang tahu glasswool cuma ada dua, satu warna kuning satu warna putih. Keduanya memiliki perbedaan kualitas, yang putih punya daya tahan pakai yang lebih lama tapi harga lebih mahal," kata Selamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Kamis (23/9/2016).

Selamet menjelaskan, untuk daya tahan glasswool sebenarnya ditentukan dari pemakaian motor, bila sering digeber dan sering digunakan otomatis usianya tidak tahan lama. Untuk glasswool berwarna kuning kecenderungannya bisa digunakan dua sampai tiga bulan, sedangkan yang putih bisa sampai lima bulan.


Bila ingin yang lebih baik ada jenis glasswool steelwool. Kelebihanya lebih tahan lama, bahkan bisa digunakan sampai satu tahun lebih, tapi masalah harga lebih mahal, bahkan memilki efek negatif yang merugikan.

"Steewool memang paling bagus, tapi lebih mahal, kalau tidak salah harganya Rp 40.000. Meski padat tapi jeleknya memiliki risiko bikin karat ruang dalam knalpot karena meterinya dari besi," papar Selamet.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa