Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Tegaskan Oli Sigra Tak Mahal

Aditya Maulana - Selasa, 20 September 2016 | 17:04 WIB

Jakarta, Otomania - Mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) terbaru Daihatsu, Sigra dianjurkan menggunakan oli encer. Berkat teknologi dual VVT-i, pelumas yang direkomendasikan kepada konsumen adalah 0W-20.

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan, secara harga satu liternya oli 0W-20 Rp 120.000. Jika dibandingkan dengan merek lain lebih terjangkau.

"Harga merek A dan B, ternyata dengan oli yang spesifikasi sama harganya lebih mahal, begitu juga dengan yang 5W-30. Jadi oli Daihatsu itu lebih terjangkau kalau dibandingkan merek lain," ujar Hendrayadi di Outlet Astra Daihatsu Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (20/9/2016).

Namun kapasitas oli antar Sigra versi 1.000 cc tiga silinder dengan varian 1.200 cc empat silinder berbeda. Mesin 1.000 cc pelumasnya hanya 2,7 liter, artinya cukup membeli tiga liter oli, sedangkan mesin 1.200 cc kapasitasnya sama dengan Great Xenia, yaitu 3,5 liter.

"Kalau mau lebih terjangkau lagi kita reskomendasikan menggunakan yang 5W-30. Harga satu liternya Rp 97.000. Kalau yang 0W-20 brand lain ada yang Rp 160.000 per liter dan Rp 132.000. Kalau yang 5W-30 merek lain dari Rp 99.000 dan Rp 140.000," ujar Hendrayadi.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM menambahkan, keuntungan menggunakan oli yang sudah direkomendasikan adalah untuk menjaga performa mesin dalam level yang terbaik. Karakteristik pelumas encer, mampu memproteksi mesin sejak dalam kondisi dingin.

"Kami rekomendasikan karena oli tersebut sudah terbukti. Oli encer mampu melindungi mesin dari kondisi dingin, jadi meski baru distarter oli sudah melumasi komponen sehingga meminimalkan adanya gesekan di temperatur rendah," ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa