Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Sigra Dipaksa "Tenggak" Premium, Ini Efeknya

Aditya Maulana - Kamis, 15 September 2016 | 16:11 WIB

Jakarta, Otomania — Sama seperti "kembarannya" Toyota Calya, Daihatsu Sigra bisa mengalami masalah jika diisi bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan (research octane number/RON) di bawah 92. Sebab, mesinnya sudah dibekali teknologi modern.

Secara regulasi yang dikeluarkan pemerintah pun mengharuskan mobil murah menggunakan BBM RON92 atau sekelas Pertamax. Tujuan utamanya ialah guna memberikan performa maksimal.

"Kalau pakai RON di bawah 92, performa dan efisiensi BBM menjadi tidak maksimal," kata Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Otomania melalui pesan singkat, Kamis (15/9/2016).

Anjar menjelaskan, pengaruhnya tergantung dari pengisian BBM-nya itu sendiri. Jika di dalam tangki masih tersedia setengah bensin RON92, lalu diisi RON90 atau RON88, dampaknya tidak bisa langsung.

"Kalau tangki BBM-nya kosong, lalu diisi langsung BBM RON di bawah 92, pengaruhnya akan langsung dirasakan," ujar Anjar.

Untuk jantung pacu Sigra itu sendiri, Daihatsu menghadirkan dua pilihan, yaitu mesin 1KR-VE 1.0L VVT-I dan 3NR-VE 1.2L Dual VVT-i, yang merupakan motor penggerak jenis baru.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa