Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deteksi Kerusakan Ball Joint

Stanly Ravel - Kamis, 15 September 2016 | 16:45 WIB

Jakarta, Otomania - Selain suspensi, ball joint juga memiliki peran penting di sektor kaki-kaki. Untuk usia pakai, sebenarnya tidak ada batasan, namun bila sudah bermasalah baiknya langsung diganti agar kerusakan tidak merambat ke komponen lainnya.

Untuk mengetahui ball joint bermasalah sebenarnya cukup mudah dideteksi. Hendri dari Hayati Motor di MGK mengatakan bahwa kerusakan ball joit sudah bisa dirasakan saat berkendara.

"Biasanya diawali dari bunyi keletek-kletek saat melewati jalan yang rusak, selain itu, kalau sudah parah sampai bikin setir ikut bergetar," kata Hendri kepada Otomania, Rabu (14/9/2016).

Gejala ini mudah diketahui, apalagi bagi pemilik yang biasa mengendarai mobilnya setiap hari. Dengan adanya perubahan pada sistem kemudi dan bunyi-bunyi pada sektor kaki-kaki, pengendara harus sigap untuk mengeceknya.

Selain merasakan, pengecekan secara visual juga bisa dilakukan. Caranya, cukup melihat posisi ball joint, bila bagian bola tampak kering atau lapisan karet sudah sobek bisa dipastikan ball joint bermasalah.

"Kalau karet pelindung sudah rusak atau sobek, maka dalamannya akan mudah kotor karena debu. Kondisi yang kering bikin bola (joint) jadi lemah," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa