Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ciri Bagian Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 2 Agustus 2016 | 09:30 WIB

 

Jakarta, Otomania – Kenyamanan pada kendaraan roda empat salah satunya dipengaruhi oleh kinerja kaki-kaki, terutama sokbreker. Tugas komponen ini cukup penting untuk meredam guncangan dan membuat berkendara lebih nyaman.

“Tapi karena penggunaan yang sembarangan, komponen ini jadi cepat rusak. Tandanya biasanya ada bunyi dari arah kaki-kaki kendaraan. Kalau sudah seperti itu sebaiknya segera diperiksakan ke bengkel kaki-kaki terdekat,” ucap Heri dari Heri Jaya Per, Kalimalang, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Tanda lain sokbreker dalam kondisi tidak sehat adalah saat melewati jalan bergelombang, badan mobil seperti ditarik ke kiri dan ke kanan. Pengendaraan jadi tidak nyaman.

Ciri lain adalah ban kendaraan mengalami keausan yang tidak rata meskipun telah melakukan spooring. Jika tanda-tanda diatas terpenuhi, pengecekan bagian kaki-kaki perlu segera dilakukan.

“Pengecekan sebelum ada masalah lebih banyak karena komponen kaki-kaki berhubungan satu dengan yang lain. Pengecekan hanya sejam di bengkel kaki-kaki roda empat,” ucap Heri.

“Perawatan paling benar untuk sokbreker cara pemakaian. Jangan suka menerabas lubang, jalan bergelombang dengan kecepatan kencang. Sudah pasti umur suspensi lebih lama,” ujar Heri.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa