Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pendapatan Negara dari Pajak Sepeda Motor

Azwar Ferdian - Rabu, 14 September 2016 | 14:02 WIB

Jakarta, Otomania — Sepeda motor masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam hal pilihan transportasi. Bahkan, berdasarkan data yang dibeberkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor adalah barang ketiga yang wajib dimiliki di rumah tangga setelah televisi dan kulkas.

Berdasarkan data AISI tahun lalu, populasi sepeda motor di Indonesia sudah mencapai 86 juta unit. Sementara itu, total produksi dari lima pabrikan utama (Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS) mencapai 9,62 juta unit.

"Sepeda motor itu kebutuhan utama dalam rumah tangga, setelah TV dan kulkas. Berdasarkan data tahun lalu, populasi sepeda motor di Indonesia sudah mencapai 86 juta unit. Ini menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan masyarakat akan sepeda motor memang tinggi," kata Dyonisius Beti, Executive Vice President Director, PT YIMM, akhir pekan lalu.

Dari angka total kapasitas produksi nasional yang sudah mencapai 9 juta unit lebih, para produsen sepeda motor setidaknya sudah menggunakan komponen lokal mencapai 85 persen. Belum lagi nilai investasi yang mencapai 7 miliar dollar AS.

Hal yang menarik adalah pajak dan pungutan sepeda motor. Dari data yang tertulis, negara menerima pajak dan pungutan sepeda motor sebesar Rp 7 triliun. Sebuah angka yang terbilang besar untuk pemasukan negara.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa