Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Dapur Yamaha Saat Produksi NMAX

Azwar Ferdian - Jumat, 9 September 2016 | 18:35 WIB

Jakarta, Otomania — Jagoan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ini adalah NMAX. Skutik gambot tersebut sedang mendulang kesuksesan dengan angka penjualan yang terbanyak.

Sampai Juli lalu, total penjualan domestik NMAX mencapai 133.360 unit. Angka itu belum termasuk jumlah ekspor dari Januari hingga Juli 2016 yang mencapai 24.240 unit. NMAX seolah menjadi penyelamat Yamaha di tengah derasnya terpaan dari kompetitor.

Otomania bersama beberapa rekan jurnalis media nasional berkesempatan melihat langsung produksi NMAX di pabrik perakitan Yamaha, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (9/9/2016). Acara ini terasa spesial karena deretan direksi YIMM ikut dalam kunjungan pabrik ini.

Sebut saja ada Executive Vice President YIMM, Dyonisius Beti, Direktur Sales YIMM Sutarya, GM Aftersales Service and Motorsport M Abidin, dan Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM, yang ikut mendampingi wartawan.

"Kami ingin memperlihatkan proses produksi pada fasilitas perakitan yang kami miliki. Di sini yang kami produksi tidak hanya buat kebutuhan domestik, tetapi untuk memenuhi kebutuhan ekspor," kata Dyonisius Beti kepada wartawan.

Line atau jalur produksi yang dipamerkan adalah NMAX. Maklum ini adalah model terbaik milik Yamaha saat ini. Di sana diperlihatkan proses perjalanan dari mulai rangka sampai dengan quality control, plus saat diangkut dengan truk untuk dibawa ke gudang distribusi.

"Total per hari kita mampu memproduksi 1.200 sampai 1.300 unit NMAX. Itu buat kebutuhan dalam negeri dan ekspor. Saat ini hanya produksi NMAX yang sampai overtime 'lembur' atau Sabtu dan Minggu juga digenjot produksinya," kata M Masykur menjawab pertanyaan Otomania.

Prosesnya yang detail dilakukan buat meminimalisasi kecacatan produk saat sampai ke tangan konsumen. "Proses quality control yang memakan waktu agak lama karena memang harus benar-benar teliti dilihat seluruh bagian sepeda motor," kata M Abidin.

Sayangnya, rombongan jurnalis tidak diizinkan mengambil gambar dari proses pengerjaan ini. Namun, setidaknya sudah bisa dilihat bagaimana produksi NMAX yang saat ini sedang booming di Indonesia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa