Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Itu Rangka Monokok pada Mobil?

Aditya Maulana - Rabu, 14 September 2016 | 08:49 WIB

Jakarta, Otomania - Setiap pabrikan otomotif ketika membuat mobil banyak menggunakan jenis rangka. Secara umum, pembagiannya terdiri dari empat, yaitu rangka tulang belakang, rangka pipa (tangga), integral, dan monokok.

Kali ini Otomania akan membahas mengenai apa itu rangka monokok yang sering digunakan pada mobil penumpang ringan. Mengutip buku "Pengenalan Bodi Otomotif" karangan Buntarto, jenis ini menggabungkan sasis dengan bodi.

Rangka model ini pertama kali diperkenalkan pada 1923 di mobil Lancia Lambda, kemudian 1934 Citroen dan Chrysler. Menariknya, yang menggunakan jenis ini sudah tidak pakai sasis batang, melainkan menggabungkan setiap komponen bodi sehingga dapat menopang mesin, kopling, transmisi, diferensial dan lain sebagainya.

Bahkan, sebelum diaplikasikan di mobil, rangka jenis ini digunakan pertama kali pada pesawat terbang, karena miliki bobot yang jauh lebih ringan dibanding rangka tangga, tulang belakang, dan integral.

Rangka monokok bisa jauh lebih ringan, karena seluruh komponen pengganti sasis terbuat dari bahan alumunium, sedangkan sasis/rangka tangga, integral dan back bone menggunakan besi.

Sementata itu, karena bodi dan rangka dibuat menyatu, maka bentuknya dapat menjadi lebih rendah dibanding dengan tipe composite sehingga titik berat gravitasi lebih rendah menyebabkan kendaraan akan lebih stabil.

Biasanya, konstruksi ini digunakan pada sedan, bahkan beberapa kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) mulai menerapkan konstruksi monocoque body.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa