Bodi Mobil Miring, Ini Penyebabnya

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 9 Agustus 2016 | 15:36 WIB

 Jakarta, Otomania – Pernah melihat mobil dengan bodi yang miring? Penyebab bodi kendaraan ini miring sebagian besar terjadi karena bagian kaki-kaki mengalami kerusakan.

“Bodi mobil yang terlihat miring karena kaki-kaki tidak bekerja dengan baik. Utamanya suspensi yang sudah lemah akibat penggunaan di jalanan yang rusak atau perilaku berkendara yang main terabas,” ucap Heri dari Heri Jaya Per, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Komponen bushing dan karet-karet, seperti pada dudukan suspensi maupun karet mounting sambungan bodi dan sasis biasanya yang paling pertama rusak. Selanjutnya komponen yang rusak adalah penyangga sokbreker. Jika bagian ini rusak maka dapat mempengaruhi ketinggian mobil.

“Kemudian kerusakan per karena ini yang paling dapat membuat bodi mobil miring. Jika per lemah maka akan membuat ketinggian mobil berbeda,” ucap Heri.

Penyebab lain adalah penggunaan kendaraan dengan pengemudi yang memiliki berat badan berlebih. Ini membuat suspensi di bagian kanan, tempat bagian pengemudi, mengalami tekanan ekstra sehingga suspensi menjadi kaku.

“Pemeriksaan berkala bagian kaki-kaki perlu dilakukan untuk perawatan. Perhatikan juga jika melibas jalanan yang rusak, jangan dengan kecepatan tinggi. Saat merasa pengendalian sudah tidak nyaman sebaiknya bawa ke mekanik yang khusus di bagian kaki-kaki kendaraan,” ujar Heri.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa