Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Tepat Hilangkan Noda Aspal pada Bodi Mobil

Stanly Ravel - Jumat, 23 Oktober 2015 | 14:21 WIB

Jakarta, Otomania - Aspal yang menempel pada bodi mobil menjadi noda yang sangat menggangu, terutama untuk yang berkelir putih. Membersihkanya pun perlu cara dan cairan khusus, tidak bisa hanya mengandalakan air dan sabun biasa saja.

Meski dipasaran banyak yang menjajakan cairan yang diklaim ampuh membersihkan aspal pada bodi maupun pelek mobil tapi tetap harus pintar memilih. Hal ini dikarena cairan memiliki kandungan zat kimia, jadi bila salah pilih justru bisa lapisan cleaner cat atau bahkan warna catnya sendiri.

"Menghilangkan noda aspal pada bodi mobil dan pelek harus menggunakan cairan khusus, bisanya disebut degreaser. Tapi jenis degreaser yang digunakan khusus untuk bodi bahanya lebih soft dari yang untuk membersihkan mesin," ucap Daniel Yoga, pemilik jasa auto detailing Gloss Geek saat dihubungi Otomania, Jakarta (23/10/2015).

Cairan ini memiliki unsur zat kimia yang bisa melunakan aspal. Ketika sudah lunak tinggal di bersihkan menggunakan lap, tapi yang perlu diingat jangan asal tekan ketika membersihkannya.

"Meski lebih soft dari cairan lain tapi saat praktek jangan terlalu tekan, usap halus saja sekitar permuakaan yang kena noda aspal agar lapisan cleaner bodi tetap aman. Setelah bersih tinggal dilap kering menggunakan kain majun," ujarnya.

Cairan degreaser sendiri banyak tersedia di pasaran. Untuk harganya relatif tinggi, apalagi bagi yang sudah dilebel dengan merek terkenal. Tapi Daniel menawarkan pilihan lain dengan rentan harga yang lebih murah, menurutnya degreaser juga disediakan di toko-toko kimia dengan harga yang relatif lebih murah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa