Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitos atau Fakta, Posisi Ban Depan Harus Lurus Saat Parkir

Aditya Maulana - Jumat, 9 September 2016 | 08:20 WIB

Jakarta, Otomania — Pernah mendengar ungkapan kalau parkir mobil posisi ban depan itu harus dalam keadaan lurus? Alasannya, itu bisa menimbulkan kerusakan dan kebocoran pada rumah setir. Apakah benar?

Menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, secara teknis, itu sebenarnya tidak ada. Mungkin lebih kepada faktor keamanan.

"Akan lebih baik jika ban depan lurus supaya waktu pertama jalan tidak tiba-tiba belok," kata Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat belum lama ini.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), juga mengatakan hal serupa. Menurut dia, tidak akan ada masalah.

"Hanya jadinya bikin susah saja karena bannya jadi agak keluar, terus kalau parkir pararel ketika didorong jadi ribet," ucap Anjar kepada Otomania melalui pesan singkat.

Meski seperti itu, Anjar tetap menyarankan agar posisi ban depan tetap lurus. Sebab, dikhawatirkan ketika mulai berjalan dari tempat parkir, pengemudi tidak sadar apakah ban lurus atau tidak.

"Kalau tidak lurus takutnya bahaya ketika maju atau mundur," ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa