Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pameran Otomotif Tidak Bisa Lepas dari Jualan

Setyo Adi Nugroho - Senin, 22 Agustus 2016 | 16:28 WIB

Jakarta, Otomania — Status pameran GIIAS 2016 yang merupakan pameran berskala internasional membuat kegiatan jualan di pameran ini dipertanyakan.

Pameran-pameran otomotif berskala internasional, seperti Tokyo Motor Show, Frankfurt Auto Show, tidak melakukan penjualan selama pameran dan berkonsentrasi pada kegiatan menunjukkan produk dan kemajuan teknologi.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengungkapkan kegiatan dan hasil jualan bukan tujuan GIIAS. Gaikindo tidak pernah melihat tolok ukur kesuksesan dari pencapaian angka tersebut.

"Jualan itu tidak pernah jadi tolok ukur GIIAS. Kami tidak berkonsentrasi di situ. Bagi kami, antusias pengunjung, banyaknya peserta pameran, dan kegiatan konferensi internasional, itu yang paling penting," ucap Yohannes kepada Otomania, Sabtu (20/8/2016).

Lantas, apakah kegiatan jual beli akan dihilangkan pada penyelenggaraan pameran di masa mendatang? Yohannes mengatakan, kegiatan berjualan produk merupakan hak para peserta pameran untuk memanfaatkan acara ini, tetapi sebagai asosiasi tidak memprioritaskan penjualan.

"Kami (Gaikindo) tidak bisa lantas mematikan kesempatan (jualan) tersebut. Kami serahkan kepada peserta pameran jika mereka memang ingin memanfaatkan kegiatan ini, silakan. Bagi kami, transfer of knowledge itu yang paling penting bagi masyarakat Indonesia," ucap Yohannes.

Dari kacamata pemain di industri otomotif, menurut Yohannes, jualan itu tidak bisa dipisahkan. Ia mengungkapkan jualan adalah segalanya bagi industri otomotif. Sebab, tanpa jualan, tidak akan ada investasi nantinya.

"Namanya jualan itu segalanya karena kalau tidak ada market, tidak mungkin orang akan investasi. Tidak ada yang membangun pabrik dan mengatakan kalau ini untuk kegiatan sosial, tidak ada," tutur Nangoi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa