Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bogie Axle Lift, Teknologi Baru UD Trucks

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 12 Agustus 2016 | 18:05 WIB

 

Tangerang, Otomania – UD Truck memperkenalkan teknologi terbaru untuk produknya di kategori 5 Quester di ajang GIIAS 2016. Teknologi Bogie Axle Lift ini dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan dan keamanan berkendara saat truk beroperasi.

“Kami memperkenalkan teknologi baru di truk Quester UD Truck yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Untuk mengaktifkan teknologi ini juga hanya dengan menekan tombol di dashboard. Teknologi ini juga bisa ditambahkan pada unit truk model lama,” ujar CEO PT Astra International UD Trucks Sales Operations, Aloysius Chrisnoadhi.

Teknologi Bogie Axle Lift tersedia pada truk Quester tipe 6x2 dan 8x2 yang menawarkan keuntungan lebih dalam mengoperasikan armada truknya. Truk tipe 6x2 dan 8x2 ini biasanya dilengkapi dengan 3 atau 4 poros roda yang semuanya dapat digunakan saat truk membawa muatan penuh.

Penjelasan teknisnya, teknologi ini akan mengangkat satu poros dan roda-rodanya saat truk sedang tidak membawa muatan dan  membantu mengurangi penggunaan ban yang sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

Selain itu juga dapat digunakan pada fungsi ‘Bogpress’. Di sini Bogie Axle hanya terangkat sedikit. Hal ini mentransfer ‘sebagian’ muatan dari poros roda kedua (dead) ke poros roda pertama yang meningkatkan traksi pada poros roda pertama dan membantu mencegah kemungkinan truk tergelincir.

Teknologi Bogie Axle Lift memiliki dua fitur. Pertama fitur Boglift yang  mengangkat poros roda kedua, saat truk tidak bermuatan. Fitur ini mengurangi penggunaan ban serta meningkatkan efisiensi bahan bakar

Kedua, fitur Bogpress yang meningkatkan traksi pada poros roda pertama saat truk membawa membawa muatan penuh dan melintasi jalanan yang terjal. Pada kondisi jalanan seperti ini besar kemungkinan poros roda pertama dapat tergelincir.

“Teknologi Bogie Axle Lift dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan ban. Ini nantinya akan sejalan dengan filosofi “Going the Extra Mile,” ucap Aloysius.

Pengunjung dapat mengenal teknologi UD Truck ini di booth pameran UD Truck  di Hall 3 Commercial Area selama GIIAS 2016 yang berlangsung hingga 21 Agustus 2016.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa