Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menyalip Truk, Awas Salah Perhitungan

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 21 September 2015 | 13:31 WIB

Jakarta, Otomania –
Menjumpai kendaraan besar seperti bus atau truk dengan kecepatan yang lambat kerap kali membuat jengkel. Namun, jangan sembarangan jika ingin menyalip kendaraan tersebut, karena risikonya akan besar. Perlu perhitungan matang khususnya bagi pengguna sepeda motor.

Sering kali muncul pemberitaan mengenai kecelakaan yang melibatkan truk dan sepeda motor yang terlindas. Pasalnya dengan tubuh yang besar dan panjang, membuat pandangan pengemudi truk terbatas, atau banyak titik blind spot. Oleh karena itu, banyak pengendara sepeda motor yang luput dari penglihatan pengemudi dan akhirnya tertabrak atau terlindas saat menyalip.

“Bagi para pengendara motor, memang sangat tidak disarankan untuk menyalip kendaraan besar seperti bus dan truk serta jenis serupa lainnya, apabila memang kondisi lalu lintasnya sangat padat dan jalan yang tidak cukup lebar,” ujar Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) kepada Otomania, Minggu (20/9/2015).

Bintarto menambahkan, dalam kondisi ini kesabaran sangat diperlukan, karena jika gegabah dan salah perhitungan, maka nyawa bisa melayang. “Apabila dirasa harus menyalip kendaraan lain yang lebih besar pada jalan umum, pastikan kondisi lalu lintas memungkinkan dan lakukan setelah pengendara melakukan observasi yang baik terhadap kecepatan kendaraan yang akan di dahului, serta perhatikan kondisi lingkungan saat itu,” ujar Bintarto.

Bintarto menyarankan, lakukan prosedur keselamatan dalam mendahului, di antaranya dengan bermanuver halus, beri jarak antar kendaraan yang cukup, jangan menyalip ketika dalam kondisi jalan menikung, serta gunakan kecepatan sesuai dengan yang diperbolehkan oleh undang-undang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa