Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapa Bisa Parkir Buta Pakai All-New X-Trail?

Aris F Harvenda - Senin, 21 September 2015 | 08:35 WIB

Yogyakarta, Otomania - Parkir adalah masalah tersendiri buat pengendara yang baru belajar mengemudi, atau pengendara yang memang punya kesulitan saat parkir. Tapi, Nissan All-New X-Trail punya solusi soal itu, dengan fitur terbarunya yang menjadi solusi terbaik saat parkir,

Teknologi tersebut adalah Around View Monitor (AVM). Teknologi ini dirancang untuk memudahkan pengemudi saat parkir untuk melihat kondisi di sekitar mobil.

" Around View Monitor (AVM) merupakan teknologi untuk memudahkan pengemudi saat memarkirkan mobil. Teknologi ini hanya dimiliki oleh Nissan," ucap Budi Nur Mukmin GM Marketing Strategy PT Nissan Motor Indonesia, akhir pekan lalu.

Budi menuturkan, bagi sebagian orang memakirkan mobil menjadi kesulitan tersendiri. Terlebih ketika celah untuk parkir sangat sempit dan pengemudi tidak bisa melihat bagian belakang mobil. Dari pengalaman itu dan masukan konsumen, Nissan mengembangkan teknologi Around View Monitor (AVM) di New X-Trail genarasi ketiga ini.

"Selama ini kan kalau parkir harus melihat spion dan kadang harus membuka kaca untuk melihat. Dengan Around View Monitor (AVM) parkir akan menjadi mudah," ujar Budi. Sistem AVM diaplikasikan dari empat kamera. Dua terpasang di Spion, satu di depan mobil dan satu lagi di bagian belakang mobil.

Visual dari empat kamera itu lantas disinkronkan menjadi satu gambar yang ditayangkan dalam satu layar ukuran 3,5 inci. Letak layar yang berada di dasbor sebelah kiri kemudi memudahkan pengemudi melihat visual dari empat kamera itu.

Diakuinya, sistem AVM sudah digunakan di luar negeri dan hanya untuk mobil-mobil kelas atas. Nissan mengadopsi teknologi kelas atas itu dan menerapkannya di X-Trail. "Kedepan semua produk Nissan akan dilengkapi dengan teknologi AVM. Terjangkau harganya namun teknologinya kelas atas," ucap Budi.

Demi membuktikan kemudahan parkir dengan sistem Around View Monitor (AVM), Nissan mengelar Blind Parking Challenge di halaman Dealer Nissan Bantul. Beberapa orang yang mendaftarkan diri mengikuti Blind Parking Challenge tampak kebingungan ketika melihat X-Trail yang digunakan untuk Parking Challenge semua kacanya ditutup kain hitam.

Sementara, mereka harus memarkirkan mobildengan cepat. Di dampingi dari pihak Nissan, para peserta Blind Parking Challenge satu per satu mencoba untuk memarkirkan mobil. Tak seperti yang mereka bayangkan, dengan cepat dan tanpa kesusahan mobil yang seluruh kacanya ditutup kain hitam mampu mereka parkirkan dengan mudah dan cepat.

"Awalnya bingung, tapi setelah melihat monitor saya bisa memposisikan mobil dengan mudah. Tanpa melihat spion pun bisa," ucap salah satu peserta, Hery, kepada Otomania, usai mencoba Blind Parking Challenge.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa