Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pemuda Indonesia yang Menggemparkan Sirkuit Silverstone

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 29 Agustus 2015 | 10:02 WIB

Tangerang, Otomania – Andika Rama Maulana, peserta Nissan GT Academy yang mewakili Indonesia di grup Asia, berhasil menempati urutan kedua setelah mengalahkan para finalis dari Jepang, Thailand, dan India di Sirkuit Silverstone, Inggris, Jumat (28/8/2015).

Meski hanya urutan pertama yang akan berlanjut ke tingkat selanjutnya, torehan ini merupakan prestasi yang membanggakan. Pasalnya, Indonesia baru kali pertama ikut dalam ajang bergengi Nissan Academy yang pesertanya dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, ia juga peserta yang terbilang masih muda dan tidak pernah sama sekali mengikuti balap sesungguhnya.

“Meskipun umur para peserta Indonesia masih terbilang muda, namun mereka memiliki potensi yang luar biasa. Hal ini mereka buktikan dari prestasi yang berhasil diukir di Sirkuit Silverstone. Indonesia tampil sebagai juara kedua, dengan menyisihkan finalis dari negara lain, antara lain Jepang, Thailand, dan India,” ujar Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing PT Nissan Motor Indonesia, Jumat (28/8/2015).

Meski diuntungkan dengan pole position pada awal laga, Andika Rama akhirnya dipaksa untuk mengakui ketangguhan Jose Gerard Policarpio, pebalap asal Filipina yang finis di posisi pertama dan mengukuhkan diri sebagai Juara Nissan GT Academy 2015. Selisih waktu hanya terpaut 0,288 detik dari urutan pertama.

Saat berbincang dengan Otomania di booth Nissan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Andika Rama Maulana mengatakan, dirinya mengaku belum pernah berlatih atau melakukan balapan mobil sesungguhnya, hanya dari di video game. Namun, dari kemahirannya bermain game, Rama akhirnya bisa menjadi pebalap sungguhan.

“Pelatihan balap sungguhan yang diberikan di Nissan GT Academy hanya tujuh hari, namun saya bersyukur dapat dengan baik menyerapnya dan bisa mengaplikasikannya di sirkuit sungguhan. Saya sendiri memang suka game balap sejak dari taman kanak-kanak hingga sekarang. Semoga tahun depan, gamers Indonesia yang ikut di Nissan GT Academy akan lebih baik dengan bisa menyabet juara pertama,” ujar pemuda berusia 21 tahun itu.

Pada tahap Race Camp ini, peserta Nissan GT Academy harus melewati beberapa tahapan tes, yaitu tes fisik (GT Ninja), tes kemampuan menyetir (Sand Buggy Challenge, Gymkhana, Stock Car Race, Formula Silverstone, Nissan 370z), dan perilaku dengan mengikuti serangkaian wawancara.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa