Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menakar Konsumsi BBM Honda HR-V 1.5 CVT

Stanly Ravel - Selasa, 2 Agustus 2016 | 09:13 WIB

Jakarta, Otomania - Tipe E CVT jadi varian tertinggi di keluarga Honda HR-V bermesin 1.500 cc. Datang sebagai sebuah urban SUV, salah satu kelebihan yang ditawarkan selain memiliki fitur lengkap adalah tingkat konsumsi bahan bakar yang efesien.

Untuk membuktikan hal tersebut, Otomania mencoba untuk mengujinya. Metode pengetesan yang diterapkan cukup sederhana, yakni mengandalkan fitur penghitung konsumsi yang ada pada multi information display (MID) H-RV.

Rute pengetesan fokus pada area dalam kota, baik jalan biasa dan ruas tol. Sebelum memulai perjalanan, trip speedometer dan konsumsi bahan bakar direset hingga posisi nol, setelah itu baru perjalanan dimulai.

Kawasan Kuningan, Pejompongan, dan Kemayoran menjadi rute awal yang dilewati. Tingkat kepadatan saat jam-jam sibuk menjadi santapan Otomania ketika melintasinya, otomatis pola berkendara juga lebih cendrung santai.


Bahkan kondisi tersebut juga membuat HR-V lebih sering dihadapkan pada situasi stop n go, dan berjalan lambat. Beda halnya ketika melintas di ruas Tol Wiyoto Wiyono di malam hari, kondisi yang lenggang membuat pola berkendara cenderung konstan pada kecepatan 80 kpj.

Kesempatan ini juga Otomania manfaatkan untuk merasakan putaran atas mesin 1.5L yang diklaim memiliki tenaga 120 PS dan torsi 145Nm.

Ketika menekan habis pedal gas, putaran tenaga masih mengalami sedikit jeda, namun tidak sampai membuat momen putarnya hilang. Bila ingin lebih agresif, pengemudi bisa memainkan paddle shift di balik kemudi untuk mengontrol transmisi 6 percepatan CVT yang menjadi salah satu fitur unggulan.


Selam dua hari pengetesan, akhirnya Otomania berhenti pada jarak 135,4 km. Tanpa melakukan pengisian ulang, odometer takaran bensin yang awalnya full berkurang hingga empat bar, dan penghitung konsumsi bahan bakar ada di angka 12,5 kpl.

Artinya 1 liter bensin yang digunakan HR-V 1.5L E CVT rata-rata bisa menempuh jarak 12,5 km. Untuk sebuah urban SUV dengan bodi yang lumayan bongsor, takaran bensin bisa di atas 10 kpl sudah cukup ideal, apalagi penggunaan dalam kota yang lebih banyak dihadapkan  kondisi stop and go.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa