Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Eksplorasi All New Honda CBR250RR (Video)

Stanly Ravel - Selasa, 26 Juli 2016 | 13:05 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta, Otomania - All New Honda CBR250RR resmi dikenalkan sebagai pengganti CBR250R satu silinder. Secara pengembaganya motor ini menganut filosofi Total Control dengan desain Speed Shape yang membuat tampilannya kental dengan atmosfer sporty.

Setelah menjabarkan data spesifikasi, giliran Otomania ulas mengenai sisi desain, sasis, serta fitur unggulanya.

Styling

Konsep desain Speed Shape dikembangkan dari evolusi tiap fungsi dari desainnya. Bukan hanya sekadar berparas sporty namun seluruh aspek desainnya memiliki fungsi yang bisa memberikan kesenangan pegalaman berkendara.


Garis dan lekukan tajam terlihat mulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing. Sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan sangar layaknya predator jalanan.

Konfigurasi komponen baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl”, untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.


Kemudahan bermanuver CBR250RR sangat dipengaruhi oleh pengendara, saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki. Guna memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan, jok pengendara di bagian depan diperkecil.

Karakter proporsional dicapai dari power unit layout yang memiliki desain kompak dan truss frame terbaru yang gagah.

Sasis


Mengunakan material pipa baja, frame baru ini menjamin kekuatan dan kelenturan yang mendukung output serta stabilitas dari pengendalian bagi pengendaranya.

Lengan Ayun model gull-arm yang digadang-gadang sebagai karya anak bangsa dengan meterial alumunium dibuat melalui proses Gravity Dies Casting (GDC). Efeknya bisa menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat gravitasi.


Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.

Sistem kontrol

Guna menghadirkan pengendalian optimal CBR250RR mengadopsi teknologi terkini, yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW.  All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini serupa dengan yang diaplikasikan di RC213V.


Untuk memaksimalkan fitur TBW, CBR250RR juga dilengkapi dengan riding mode selector, sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara agresif hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa