Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Gejal Mesin Pincang Akibat Busi Lemah

Stanly Ravel - Selasa, 19 Juli 2016 | 15:35 WIB

Jakarta, Otomania - Busi menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk mobil. Meski berbentuk kecil, namun fungsinya untuk memberikan percikan api pada sistem pembakaran sangat dibutuhkan.

Busi pada mobil berpengaruh pada performa kendaraan. Meski jumlahnya banyak, tapi kalau salah satu sudah lemah atau mati maka sangat berpengaruh pada performa mobil.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bila salah satu busi pada mobil mati maka akan menyebabkan mesin pincang, kondisi ini menjadi tanda bahwa busi perlu diganti.

"Meski banyak tapi masing-masing berkesinambungan kerjanya. Mesin pincang terjadi karena putaran mesin tidak stationer, walaupun masih bisa hidup tapi kondisinya tidak stabil," kata Anjar kepada Otomania, Selasa (19/7/2016).

Menurutnya, selain mesin pincang gejala awal yang menandakan salah satu busi pada mobil sudah lemah juga bisa diketahui dari suara dan performa yang drop. Bagi pengendara yang sering membawa mobil akan peka bila terdengar suara yang lebih besar di mesin, kondisi ini terjadi akibat kerja busi yang tidak imbang.

"Cara mudahnya memang dari suara, tapi kalau sulit bisa diraskan dari performa mesin. Biasanya saat digas akan ada gejalan delay atau brebet pada mesin, rpm juga drop di putaran tinggi," ucap Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa