Sesuaikan Busi dengan Kompresi Mobil

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 25 November 2015 | 08:27 WIB


Jakarta, Otomania –
Pemilihan busi untuk mobil harus sesuai dengan karakter mesin. Bila tidak, efeknya tidak baik bagi performa kendaraan roda empat itu sendiri.

Sapta Agung Nugraha, Sevice Head Toyota Auto2000 Pramuka mengatakan, ketika memilih busi yang harus diperhatikan yaitu kompresi mesinnya. Untuk mobil keluaran 2010 ke atas, rata-rata kompresi mesinnya 1:9 sampai 1:12. Jenis ini membutuhkan busi tipe dingin.

“Untuk memilih busi yang baik kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa tingkat kompresi kendaraan yang kita gunakan. Pada kendaraan terbaru saat ini sudah menggunakan kompresi antara 9-12, sehingga panas yang dihasilkan akan lebih tinggi,” ujar Sapta kepada Otomania, Kamis (12/11/2015).

Oleh karena itu, lanjut Sapta, diperlukan jenis busi yang bisa bekerja dalam temperatur tinggi dan bisa cepat melepaskan panas. Busi ini disebut dengan busi tipe dingin, mampu melepaskan panas dengan baik.

“Secara fisik, tipe busi dingin dapat diketahui hanya dengan memperhatikan ulir-nya yang lebih panjang dibandingkan tipe busi panas. Kemudian, selain kompresi, untuk memilih busi yang baik adalah yang sesuai dengan bahan bakar yang dipakai,” ujar Sapta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa