Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lubang Ulir Busi Slek, Begini Cara Memperbaikinya

Stanly Ravel - Senin, 18 Januari 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania - Lubang baut (drat) busi di silinder blok head sepeda motor memiliki permukaan yang lunak. Dibutuhkan teknik ketika akan membuka atau memasangnya, karena bila sampai ceroboh akibatnya bisa membuat ulir rusak dan terjadi yang namanya slek.

Bagi yang sedang mengalami hal ini, memang bukan perkara besar karena masih bisa diperbaiki. Namun demkian, pengerjaannya bisa menyita waktu dan dana yang lumayan.

"Saat sudah slek atau dol, cara memperbaikinya yah bikin ulir baru untuk drat busi di tukang bubut, tapi pengerjaanya wajib dibongkar blok silinder," ujar Slamet Pamuji dari bengkel Selta Motor saat dihubungi Otomania, Sabtu (16/1/2016).

Menurutnya langkah perbaikan diawali dengan melepas silinder head. Untuk motor jenis 2 tak cukup simple, tapi tidak untuk motor 4 tak yang memiliki banyak komponen pada silinder head, seperti klep, gir, dan rantai keteng. Dari sini sudah bisa dibedakan ongkos pengerjaannya.

Setelah itu, tinggal membawa ke tukang bubut. Proses pembuatan biasanya melalui dua pilihan cara, dicor ulang atau diratakan dan ditempel dengan drat besi dengan bahan yang sudah siap.

"Untuk metode cor ulang akan dilakukan penutupan pada lubang yang sudah rusak, setelah dilanjutkan dengan memuat membuat alur ulir baru yang namanya tap. Model tempel drat besi, saat ini cukup praktis digunakan selain itu juga lebih kuat, tapi sayangnya tidak semua tukang bubut menggunakan metode ini," ucapnya.

Sedangkan untuk estimasi biaya berkisar dari Rp 40.000 sampai Rp 60.000. Untuk pengerjaan biasanya selesai dalam waktu setengah hari, atau paling lambat seharian penuh.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa