Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Kesehatan Mesin dari Warna Busi

Stanly Ravel - Senin, 23 November 2015 | 16:09 WIB

Jakarta, Otomania - Selain menjadi komponen penting, busi juga bisa menjadi alat untuk mendiagnosa kondisi mesin pada kendaraan. Caranya hanya dengan melihat warna busi saat akan dibersihkan.

Dari tampilan warna pada kepala busi kita bisa melihat bagaimana kondisi mesin di kendaraan. Apakah mesin boros bahan bakar, normal, atau malah mesin terlalu panas.

"Fungsi busi adalah untuk memercikan api ke dalam ruang pembakaran. Posisi kepala busi berada di dalam ruangan silinder head bersama dengan klep, warna kepala busi terbentuk akibat efek pembakaran, dan dari sini lah kita bisa melihat kondisi mesin kendaraan," ucap Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), Ade Rohman, kepada Otomania, Minggu (19/11/2015).

Busi dalam keadaan normal ditandai dengan warna cokelat keabu-abuan yang merata. Selain itu kondisi busi terlihat tidak ada penumpukan deposit atau kerak alias bersih.

Busi dengan warna kuning menandakan kinerja mesin yang terlampau berat. Jika ujung elektroda terlihat abu-abu muda (terang) berarti campuran bahan bakar dan udara terlalu sedikit atau kurang asupan bensin.

Berbeda lagi ketika warna pada kepala busi terlalu gelap atau hitam pekat, hal ini menandakan campuran bahan bakar terlalu boros bensin atau bisa diartikan pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini bisa dikarenakan pemilihan tipe busi yang salah.

Sedangkan bila mendapati kondisi busi dengan warna hitam basah atau beroli ini menandakan ada kebocoran pada sil klep yang biasa terjadi pada mesin 4 tak. Pengapian tidak benar yang diakibatkan oktan terlalu tinggi dan kerja mesin dipacu pada kecepatan tinggi juga menyebabkan busi overheating, hal ini biasanya ditandai dengan warna busih putih.

"Dengan warna busi ini kita bisa deteksi bagaimana kondisi motor, bila tidak normal ada baiknya anda langsung memeriksakan ke bengkel untuk mendapatkan servis dan perawatan," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa