Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gagal Finish, Ini Komentar Rio

Setyo Adi Nugroho - Senin, 11 Juli 2016 | 07:25 WIB

Silverstone, Otomania – Setelah menorehkan hasil apik di GP Austria beberapa waktu lalu, pada GP Inggris, Minggu (10/7/2016) keadaannya cukup mengecewakan bagi tim Manor. Kedua pebalap tim Manor, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein tidak bisa menyelesaikan balapan karena mobil mereka melintir keluar lintasan.

Pascal keluar pada saat balapan memasuki lap ke enam sedangkan Rio berhenti dari GP Inggris saat balapan memasuki lap ke 24. Belokan pertama di sirkuit Silverstone jadi tempat mobil kedua pebalap merasakan gravel.

Menurut Rio, kondisi lintasan yang masih menyisakan sedikit bekas air hujan jadi masalah besar. Saat menggunakan ban slick pebalap harus berhati-hati terhadap bagian lintasan yang masih sedikit basah.

“Pada mulanya balapan sangat basah namun di tiap lap keadaan lintasan sudah mulai kering. Pergantian ban dari intermediate ke slick di lap ke 17 merupakan keputusan tepat saat itu,” ungkap Rio dalam siaran resmi Manor yang diterima Otomania, Minggu (10/7/2016).

“Sayangnya saya melintasi bagian trek yang belum kering menggunakan ban slick dan tidak ada yang bisa saya lakukan (untuk mengontrol mobil dan kembali ke lintasan balap),” ucap Rio.

GP Inggris jadi salah satu balapan F1 di musim 2016 yang cukup menyulitkan bagi pebalap. Hujan deras di awal lomba membuat pebalap harus memulai balapan di belakang safety car, demi membatasi kecepatan karena jarak pandang yang minim akibat air hujan di lintasan.

Bagi Rio kondisi ini seperti nostalgia. Ia pernah memenangi balapan di sirkuit ini saat masih berlaga di GP2 dan mengantongi juara dengan kondisi trek yang basah karena hujan.

Mengenai hasil balapan GP Inggris, Rio tetap berharap dapat menggunakan pengalaman ini untuk menghadapi GP Hungaria dua minggu lagi.

“Hasil balapan saat ini, kita tidak bisa melakukan apapun. Meski hasil akhir yang paling penting namun proses saat latihan dan kualifikasi cukup penting. Kami mengalami hari Sabtu yang positif dan saya harap dapat menggunakan hal tersebut untuk mendorong kami maju di balapan selanjutnya,” ungkap Rio.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa