Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Spesifikasi Oli Terbaik buat Mudik

Stanly Ravel - Minggu, 26 Juni 2016 | 08:34 WIB

Jakarta, Otomania - Pelumas pada mesin mobil memiliki fungsi untuk melindungi gesekan pada komponen, serta menjaga performa mesin tetap prima. Namun tidak semua pelumas yang ada di pasaran terjamin kualitasnya, untuk itu diperlukan ketelitian saat membeli, apalagi menghadapi perjalanan berat seperti mudik.

Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Technical Advisor mengatakan, bila mudik menggunakan mobil, baiknya mengganti oli mesin yang memiliki kualitas paling bagus.

"Perjalanan mudik beda dengan perjalanan ke luar kota pada hari biasanya. Jarak tempuh yang jauh, serta tingkat kemacetan yang lebih gila dari biasanya membuat kerja mesin makin terbebani. Kondisi akan lebih parah saat oli yang kita gunakan ternyata tidak mampu menjadi solusi bagi mesin," kata pria yang akrab disapa Zaki kepada Otomania, Rabu (22/6/2016).

Menurutnya, untuk perjalanan mudik dibutuhkan beberapa kriteria oli yang baik untuk digunakan. Pertama adalah oli yang memiliki kestabilan oksidasi tinggi, sedangkan kedua adalah oli yang tahan terhadap asam di dalam mesin.


Dengan oksidasi yang tinggi membuat pelumas memiliki umur lifetime yang lebih panjang karena bisa menahan panas lebih baik. Sedangkan untuk tingkat kekebalan tingkat asam dibutuhkan untuk menetralisir zat asama yang kelaur dari sistem pembakaran.

"Sepanjang jalur mudik bisa dipastikan kemacetan yang tinggi, saat itu mobil terus bekerja yang diikuti oleh sistem pembakaran. Hasil pembakaran menghasilkan zat asam yang wajib dinetralisasi agar pelumas tetap bisa melindungi mesin. Kedua kriteria tersebut berlaku untuk mesin disel atau bensin," ujar Zaki.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa